Selasa, 24 November 2009

Bahasa

BAHASA

Begitu banyak manusia di Bumi ini, begitu banyak suku,bangsa. Nah bayangkan jika satu sama lain tidak bisa berkomunikasi alias tidak punya bahasa. Entahlah akan jadi seperti apa kacaunya Bumi ini. Untunglah ada yang namanya bahasa, dengan bahasa menyatukan manusia.

Lantas dari mana bahasa berasal dan bagaimana ikhwalnya sehingga ada begitu banyak bahasa di muka bumi ini?

Sampai saat ini penelitian mengenai asal-usul bahasa masih masih sulit dilacak. Namun penemuan huruf ternyata lebih mudah dilacak. Tulisan pertama ternyata sudah digunakan bangsa Sumeria di Mesopotamia sejak 4000 sm. Kemudian bangsa Sumero Babylonia mengembangkan sistem penulisan hingga seperti yang kita kenal saat ini.

Adapun ikhwal perbedaan bahasa di dunia, menurut pakar antropologi, ini disebabkan oleh perbedaan pengucapan. Maka dari itu tak heran jika banyak ditemukan kata - kata serupa untuk sebuah makna. Misal night ( malam dalam bahasa inggris) dengan Nacht ( Malam dalam bahasa Jerman).

Menurut perkembangannya saat ini terdapat lebih dari 2700 bahasa berbeda yang diucapkan oleh penduduk dunia dengan 700 dialek. Di negara kita ada 365 bahasa sedangkan di Afrika terdapat 1000 bahasa suku yang berbeda.

Dan ternyata bahasa Mandarin merupaka bahasa yang paling banyak diucapkan diseluruh dunia. Kemudian disusul bahasa Inggris. Namun, bahasa yang paling sulit dipelajari adalah bahasa Basque, yaitu bahasa yang digunakan suku Basque yang berdiam di kawasan barat Spanyol.

Kita sebagai bangsa Indonesia patut bangga karena bahasa daerah yang ada di Indonesia termasuk dalam warisan dunia. Namun seiring perkembangan zaman, jumlah bahasa daerah yang digunakan oleh suku - suku di Indonesia semakin berkurang. Lembaga ilmiah dunia seperti National geographic society dan lembaga khusus yang meneliti bahasa - bahasa di dunia seperti the living tongues institute for endangered language secara resmi menyatakan rata - rata setiap dua pekan ada satu bahasa yang hilang. Dan separuh dari 700 bahasa yang unik di dunia dinyatakan musnah.

Maka dari itu kawan, ayuh aja kelalen pada nguri - uri basa Jawa^^

diadaptasi dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar