Senin, 23 November 2009

DotA - 2

CHAPTER 4:

ITEM BUILD

HERO STR SKILL

Untuk hero ini, karena dia memakai skill, mana pool dan mana regen menjadi prioritas utama. Belilah beberapa Clarity Potion untuk mendukung penggunaan skill. Saat mid game, apabila hero ini jarang mendapat kill, mulailah membeli item support seperti Eul dan Guinsoo. Manfaatnya akan sangat terasa bila sudah masuk ke late game. Phase Boot atau Boot of Travel akan sangat membantu mengingat 2 item itu memiliki keunggulan mspd dibanding Power Tread. Namun apabila hero ini sering mendapat kill, belilah item sejenis Radiance.

Note : perlu diingat bahwa sepatu adalah item wajib bagi semua jenis hero. Jadi walaupun di artikel ini tidak di sebutkan, 1 slot WAJIB diisi 1 jenis sepatu, baik itu Power Tread, Phase Boot, atau Boot of Travel.

HERO STR HITTER

Hero ini termasuk killer, bahkan ada diantaranya yang sanggup melawan dan mendapat kill dari hero agi hitter di late game, seperti Davion. Jadi, item dengan damage dan aspd adalah prioritas utama. Power Tread dan Phase Boot sama bagusnya. Bila hero ini melee, belilah Battle Fury. Item ini sangat bagus untuk creeping dan menyediakan damage. Lifesteal seperti Satanic juga sangat bagus. Namun, perhatikan juga apabila hero ini memiliki skill orb effect. Bila melawan hero stunner atau skill, apalagi dia sudah memiliki Guinsoo, belilah Black King Bar. Slot yang tersisa bisa diisi Cuirass atau Tarrass.

HERO AGI SKILL


Sebenarnya semua hero agi tergolong hitter. Namun ada beberapa diantaranya yang memiliki skill yang mematikan sehingga tergolong agi skill walaupun dia juga bagus bila dipakai late game dan dijadikan hero hitter. Belilah Clarity bila diperlukan. Karena hero agi memiliki mana pool yang sangat kecil, item yang memberi mana atau int sekaligus agi akan sangat membantu. Seperti Eye of Skadi, atau Manta Style. Lifesteal tidak diperlukan selama hero ini bermain di belakang.


HERO AGI HITTER


Ini dia hero yang menjadi pilihan utama para pemain DotA dan hero yang sangat ditakuti di late game. Hero ini hidup untuk mencapai Rampage. Item wajibnya adalah PT (Power Tread) atau Phase Boot. Lifesteal, Butterfly, Lothar’s untuk kabur di mid game, Battlefury (jika melee), BKB (jika lawan adalah hero disabler). Sisa slot nya digunakan untuk aspd atau damage, terserah Anda, karena setiap hero memiliki skill yang berbeda. Misalnya Dark Terror yang akan sangat bagus bila diberi Mask of Death + Monkey King Bar. Atau Mortred yang bagus bila diberi Battle Fury sehingga critical attack-nya menyebar.

HERO INT SKILL

Hero ini biasanya memiliki setidaknya 1 skill disabler. Baik itu Stun, Hex, atau jenis yang lain. Belilah Guinsoo dan Eul. Bila lawan memiliki hero agi, Hex dia dengan skill dan gunakan Guinsoo ke hero agi yang lain. Biarkan temanmu menghabisinya. Dua jatuh! Maka dari itu, biasanya, untuk keseimbangan tim, diperlukan setidaknya 1 hero int support di dalam tim. Belilah Boot of Travel, karena hero ini tidak membutuhkan aspd atau damage. Clarity di awal permainan juga sangat membantu. Di mid game, bila hero-mu termasuk yang boros mana karena sering menggunakan skill, belilah Arcane Ring. Ring of Basilius juga lumayan membantu di awal permainan.

HERO INT HITTER

Jarang ada hero int hitter. Beri hero ini Power Tread atau Phase Boot. Dan item yang menambah int, seperti Guinsoo, Shiva, atau Orchid. Karena 2 diantara hero int hitter memiliki skill pure damage tergantung int hero itu. Contohnya Silencer dan Harbringer. Bermainlah di belakang karena hero ini sangat rapuh (hp kira-kira hanya 1500 tanpa item apapun) dibandingkan dengan hero str (hp kira-kira 2200 tanpa item). Asalkan tim-mu memiliki banyak Disabler, hero ini juga sama mematikannya dengan agi hitter.

CHAPTER 5:

TEKNIK BERMAIN

Ada banyak teknik bermain, yang akan saya jelaskan hanya beberapa di antaranya.

  1. Saat creeping, jangan meng klik creep musuh dan membiarkan hero-mu memukul terus menerus. Tapi perhatikan timing yang tepat, karena uang dari hasil membunuh creep hanya diberikan pada hero yang membunuhnya. Akan lebih baik jika kita berputar-putar terlebih dahulu untuk menyesuaikan timing.
  2. Denied (bunuh) lah creep-mu karena lawan juga mendapatkan uang dari creep-mu. Agak berbeda dari membunuh creep lawan, karena creep sendiri hanya bisa di denied apabila hp-nya bisa habis oleh 2 pukulanmu atau hp nya kurang dari setengah. Men-denied creep juga tidak bisa dilakukan menggunakan skill. Jadi perhatikan timing yang tepat. Ada kalanya Anda akan berhadapan dengan lawan yang pintar creeping dan mendenied creep-nya. Pertarungan di lane akan sangat sengit. Tapi, di situlah asiknya bermain DotA.
  3. Tekan alt untuk melihat hp musuh dan creep. Atau apabila ingin mengaktifkan mode auto alt, bisa dilakukan dengan menekan F 10, pilih option, pilih gameplay, lalu beri tanda pada always show healtbar, lalu ok.
  4. Ada banyak teknik melarikan diri. Pertama, jangan mengklik markas dan membiarkan hero mu berjalan sendiri. Karena mungkin dia akan bertabrakan dengan creep mu dan memperlambat jalanmu sehingga memungkinkan hero musuh mengejarmu. Tetapi aturlah gerakan heromu dengan meng-klik-nya dari satu titik ke titik yang lain.
  5. Bila kamu jauh dari markas, dan kamu dikejar hero gila yang ingin sekali membunuhmu, larilah ke towermu yang terdekat. Mungkin hero musuh akan segan dan kembali. Apabila hero musuh masih nekat, kamu bisa berlari mengelilingi tower dan membiarkan towermu membunuhnya. Akan lebih bagus jika kamu memiliki skill disabler. Bila hero musuh berani maju, segera pakai skill mu sehingga tower dan creep mu dengan senang hati memukulnya.
  6. Bila kamu jauh dari tower dan markas, cobalah untuk mencari jalan pintas. Ada banyak jalan pintas di map DotA. Seperti menembus pohon. Mungkin kamu juga bisa ‘menggojek’ musuhmu di sela-sela pepohonan. Sehingga memungkinkan-mu untuk kabur.
  7. Larilah ke arah temanmu. Hal ini pasti akan membuat hero musuh mundur.
  8. Dalam DotA, yang paling penting adalah permainan tim. Jadi, cobalah bermain kompak dengan tim-mu dan hargai cara bermain tim-mu. Walaupun skill individu juga diperlukan, tetapi tanpa permainan tim, tim-mu akan dihancurkan satu per satu oleh musuh. Tidak ada hero yang terlalu superior di DotA. Setiap hero bisa dilawan dengan satu hero. Jadi bermain solo melawan 5 pemain yang kompak sama dengan bunuh diri.

CHAPTER 6:

KESIMPULAN

Tidak ada sesuatu di dunia ini yang sempurna. Begitu juga dengan artikel ini. Ada banyak jalan untuk menjadi pemain pro di DotA. Bukan hanya membaca setiap artikel tips tentang DotA, tetapi juga berlatih dengan tim dan mengembangkan cara bermainmu sendiri.

Skill berperan penting dalam DotA, tetapi permainan tim lebih berperan. Jadi, utamakan permainan tim mu. Mungkin seorang pemain akan menjadi terkenal dengan bisa melakukan GODLIKE bahkan RAMPAGE dengan mudah. Tapi melawan tim dengan kemampuan biasa saja tetapi kemampuan tim-nya luar biasa akan percuma. Sekali lagi, permainan DotA adalah permainan tim. Kenapa banyak sekali ulasan di akhir mengenai kerja sama tim? Karena sebanyak apapun kill-mu, semua akan percuma bila tidak ada assisst dari temanmu. Bukannya manusia pada awalnya merupakan makhluk sosial?


ditulis oleh: Haikal, Acong, dan O'an

Tidak ada komentar:

Posting Komentar