Selasa, 10 November 2009

DoTA - 1

TIPS DOTA ALLSTARS

CHAPTER 1:

INTRO

DotA Allstars adalah game ber-genre action strategy. Game ini hanya bisa dijalankan melalui program game WARCRAFT III oleh blizzard. DotA allstars dibuat pertama kali oleh Eul, dilanjutkan oleh Guinsoo, dan sekarang ditangani oleh Ice Frog. OK, saya mulai saja.

CHAPTER 2:

PEMILIHAN HERO

Pilihlan hero yang paling cocok untukmu. Jangan hiraukan dulu perkataan “pemula hanya bisa pakai 1 hero aja alias hero hapalan”. Akan lebih bagus apabila bisa memaksimalkan kemampuan 1 hero dibanding bisa memakai semua hero tetepi skill nya biasa saja. Ngomong-ngomong, apa itu hero? Hero adalah character yang akan kita jalankan untuk menghabisi musuh. Tentu saja setiap hero punya karakteristik, skill, dan status tersendiri. Hero dibagi menjadi 3 tipe menurut statusnya (str, agi, int), dibagi 2 menurut cara bermainnya (hitter, skill), dan dibagi menjadi 2 tipe menurut jarak serangnya (melee, ranged).

HERO MELEE

Hero melee adalah hero yang melakukan ‘damage’ dengan cara memukul, menebas, dan lain-lain, dalam jarak pendek. Hero seperti ini biasanya diberkahi dengan base damage yang cukup besar.

Kelebihan hero ini yaitu bisa menggunakan ‘melee lifesteal’ yaitu aura life steal dan splash damage yang hanya bisa dimanfaatkan oleh hero melee. Contohnya skill Vampiric Aura dari Leoric dan Lifesteal dari Vladmir atau item Battle Fury. Hero melee juga bisa menyerang tanpa miss, kecuali diberi skill seperti Blind milik Troll atau Drunken Haze milik Panda atau melawan hero yang memiliki skill menghindar seperti Blur milik Mortred atau Drunken Brawler milik Panda.

Kelemahan hero melee terletak pada jarak serangnya. Membuatnya tidak berdaya bila dikurung dengan skill Sprout milik Furion (kecuali memiliki Tanggo atau Cuelling Blade, lol). Hero melee harus mendekat terlebih dahulu, memungkinkan hero melee diserang dalam perjalanannya mendekat ke hero musuh, apalagi yang dilawan adalah hero ranged.

Beberapa skill juga hanya bisa diaktifkan melawan hero melee, menjadikan hero melee memiliki kelemahan yang lain. Misalnya skill Spiked Carapace milik Anub’arak.

HERO RANGED

Hero ranged adalah hero yang menyerang dari jarak jauh. Membuatnya lebih unggul dari hero melee. Hanya saja base damage hero ranged biasanya jauh lebih kecil dari hero melee.

Kelebihan hero ranged terletak di jarak serangnya. Hero ranged juga bisa mengoptimalkan item Eye of Skadi dengan menghilangkan orb effect nya sehingga bisa di’kombo’ dengan item atau skill orb effect lainnya seperti Searing Arrow milik Clinkz atau item Helm of Dominator, Satanic, Maelstorm, Mjolnir, dan semua item dan skill orb effect lainnya kecuali Difussal Blade.

Kelemahan hero ranged ada pada base damage-nya yang kecil dan bisa saja menyerang miss apabila hero musuh ada pada ketinggian yang lebih tinggi. Misalnya hero ranged ada di sungai sedangkan hero lawan ada di pinggir sungai.

HERO HITTER

Hero hitter membuat damage dengan pukulannya. Biasanya hero ini berjaya di late game, memiliki damage yang besar dan aspd (attack speeed) yang cepat. Untuk para pemula biasanya memilih hero ini karena dianggap simpel (tinggal gebuk sana sini) dan tidak terlalu membutuhkan skill bermain.

Hero hitter akan sangat mematikan bila membeli item lifesteal + damage + aspd.

Tetapi akan sangat sulit berhadapan dengan hero skill int pada early game, sehingga untuk memastikan hero ini ‘jadi’, biasanya akan selalu creeping atau junggling.

HERO SKILL

Hero ini adalah penyiksa sejati. Dibutuhkan skill yang tinggi untuk memakai hero ini. Hero skill berjaya di early game karena damage skill nya yang sangat mematikan di awal-awal permainan, apalagi hero skill int. Hero ini harus benar-benar tidak membiarkan lawannya bebas creeping untuk memastikan kemenangan, karena di late game, hero ini akan kalah bersaing melawan hero hitter.

HERO STRENGTH

Melihat hp nya yang ‘badak’, armornya yang lumayan, dan damagenya yang besar, membuat hero str dikenal sebagai hero yang keras dan cocok dipakai sebagai hero TB (tahan badan) dan melakukan ‘open war’. Semua hero str adalah hero melee, kecuali Huskar, membuat hero str agak susah dipakai early game. Apalagi bila lawannya adalah hero ranged int atau hero pencicil sehingga tidak disarankan untuk pemula.

Hero str susah berkembang, membutnya susah menguasai permainan yang bertempo cepat. Maka, hero str tepat digukanan pada game yang temponya lambat. Hero str biasanya menguasai jalannya permainan pada mid – late game.

HERO AGILITY

Hero agi adalah hero killer. Peran utamanya adalah membuat ledakan kill saat hero str melakukan open war. Menurut saya, hero agi terbagi menjadi 2, early dan late, melihat kondisi di mana hero tersebut dapat menguasai jalannya permainan.

Hero agi early adalah hero terbaik untuk pemula. Hero ini biasanya ranged hitter dan memiliki skill yang dibutuhkan untuk menyiksa hero lawan. Bila permainan mulai masuk ke late game, hero ini akan melemah, karena damagenya sudah mulai tidak terasa. Misalnya skill ultimate dari Viper dan Venomancer yang berjenis racun.

Hero agi late adalah hero killer. Beri dia creep dan dia akan memberimu kill. Hero ini akan susah berkembang bila berhadapan dengan hero pencicil. Apabila kondisi memburuk, larilah ke hutan dan junggling. Apabila lawan memasang observer ward, tamatlah riwayat hero ini. Namun apabila hero ini sanggup bertahan sampai late game, harapan hero ini akan bangkit sangat tinggi.

HERO INTELEGENCE

Hero ini biasanya hero skill. Hanya ada beberapa yang hitter. Hero int diberkahi dengan skill cicil yang mematikan, mana pool yang besar, dan mana regennya yang besar membuat hero ini akan berjaya di early game. Hanya dengan cara terus menekan lawan, hero ini dapat mengamankan jalannya permainan.

Sebagai kompensasi, hampir semua hero int memiliki hp krupuk. Membuatnya akan sering mati apabila bertemu dengan hero disabler. Apabila permainan berlanjut sampai late game, hero ini akan tidak berdaya. Maka untuk berjaga-jaga, biasanya hero int mengincar item support dari awal seperti Guinsoo atau Eul dibanding item damage.

CHAPTER 3:

ANALISA HERO

EARLY GAME

  1. hero int skill
  2. hero agi skill
  3. hero str skill
  4. hero str hitter
  5. hero int hitter
  6. hero agi hitter

MID GAME

  1. hero int skill
  2. hero agi skill
  3. hero str hitter
  4. hero agi hitter
  5. hero int hitter
  6. hero str skill

LATE GAME

  1. hero agi hitter
  2. hero str hitter
  3. hero int hitter
  4. hero int skill
  5. hero str skill
  6. hero agi skill


bersambung...


ditulis oleh : Haikal, Freddy, dan M. Novianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar