Minggu, 22 November 2009

Imbanya Tubuh Manusia

The Power Of Rambut

Pernah lihat atraksi heboh dari para pesulap tanah air? Pasti pernah juga melihat atraksi menarik mobil atau benda - benda berat lainnya dengan menggunakan rambut? Melihat itu, apa yang terlintas?

"Wuih pake ilmu apaan tu orang?" atau justru " Wah -wah paranormal mana tuh yang bantuin?"

Nanti dulu, sebagai anak - anak science, kita bakalan mencoba melihat dari sisi ilmiahnya, mari kita kupas.

Menurut profesor Nathan Harshman dari American University Washington DC,hal itu bisa saja terjadi. Kenapa?

Ternyata sehelai rambut manusia bisa menahan berat hingga 100 gram. Wah bayangkan rata - rata manusia memiliki 140.000 helai rambut, kalau dihitung paling tidak rambut kita bisa menahan beban hingga 14.000.000 gram atau 14.000 kg. Ck..ck..ck

Kenapa bisa begitu? Kekuatan rambut terletak pada korteksnya, nah di korteks ini punya molekul- molekul protein keratin yang bikin struktur rambut kuat dan fleksibel. Protein keratin itu sendiri tersusun atas asam amino. Luar biasanya susunan ini dapat menahan beban yang lebih berat dari sususan buatan manusia. Dan ternyata sehelai rambut kita jauh lebih kuat dari baja!!

Tapi itu kalau dijaga, kalau tidak dijaga kekuatan itu perlahan- lahan akan hilang, jadilah rambut yang mudah patah dan rontok - rontok.

Sudah tahu faktanya kan? Tapi jangan buru - buru nyoba di rumah buat narik mobil pake rambutmu. Rambut kita emang kuat, tapi masalahnya tubuh kita yang tidak bisa menahan beban itu. Jadi, kalau mau mencoba, kuatin dulu ya tubuhmu...

1 komentar: