Sabtu, 14 November 2009

Futsal - 1

Untuk menciptakan permainan futsal yang efektif nan indah, diperlukan taktik yang sesuai sekaligus penempatan pemain pada pos yang tepat. Apalagi, jika kualitas pemain yang tersedia tidak mamiliki skill yang istimewa atau biasa-biasa saja. Maka penting sekali untuk menerapkan taktik dan strategi paling efektif untuk bisa mengimbangi permainan lawan. Berikut akan dibahas bagaimana meracik taktik dan strategi permainan futsal efektif ala XII IA 7.

FORMASI
Permainan futsal biasanya dimainkan oleh 5 atau 6 pemain (termasuk kiper). Untuk formasi ala kebonsapi digunakan formasi permainan untuk jumlah 6 pemain.

Dalam formasi ini satu penjaga gawang dijaga oleh dua orang pemain bertahan yang posisinya sedikit merapat ke tengah zona pertahanan. Ini bertujuan untuk membatasi permainan lawan di zona pertahanan kita sehingga membuat mereka praktis hanya tinggal mengandalkan pergeraka individu atau tembakan dari jarak jauh untuk membobol gawang kita. Pada posisi bertahan, pemain belakang (bertahan) juga dibantu oleh satu orang pemain tengah yang bergerak fleksibel untuk membantu bertahan atau menyerang. Untuk membongkar gawang lawan, digunakan dua orang pemain menyerang yang juga sanggup merapat ke tengah dikala dibutuhkan untuk bertahan. Tujuan digunakannya dua orang penyerang adalah untuk memecah konsentrasi defender lawan agar mereka tidak bisa melakukan tight marking dengan baik.

KOMPOSISI
Agar formasi 1-2-1-2 (di atas) bisa dimainkan dengan cukup efektif, diperlukan pemain-pemain tempat untuk mengisi pos di atas. Berikut adalah kriteria pemain:
  1. Penjaga gawang. Dibutuhkan seorang penjaga gawang yang memiliki refleks yang cukup baik dan sanggup melakukan komunikasi yang baik dengan pemain lainnya.
  2. Pemain bertahan. Pemain bertahan dalam formasi ini, selayaknya memiliki langkah yang tidak begitu panjang. bertujuan agar mampu bergerak cepat dan senggup menghalau bola dengan baik.
  3. Pemain tengah. Diisi oleh pemain dengan stamina paling bagus dibanding teman-temannya. Dan juga memiliki kemampuan untuk mengontrol tempo permainan sekaligus memiliki umpan-umpan yang akurat.
  4. Pemain menyerang. Pos ini sebaiknya diisi oleh pemain yang memiliki naluri mencetak gol yang tinggi. Mampu menempatkan diri di posisi yang tepat serta mampu bergerak seefektif mungkin untuk merusak pertahanan lawan.
STRATEGI
Strategi yang diterapkan untuk menjalankan formasi ini cukup sederhana. Hanya tinggal bermain bertahan sebisa mungkin, menguasai bola selama mungkin, dan melakukan serangan balik secepat dan seefektif mungkin.
Pertama adalah membiarkan musuh masuk ke daerah pertahanan kita, namun jangan sampai musuh mengembangkan permainan dan memiliki ruang tembak cukup terhadap gawang kita. secepat mungkin pemain harus bisa mencuri bola dari penguasaan lawan, kemudian jika lawan terlihat lemah, umpankan bola pada dua striker yang menunggu di depan. Dan lakukan seranganbalik secepat mungkin ke pertahanan lawan.

ditulis oleh : Fachreza Primanda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar