Kamis, 12 November 2009

Musik - 1

BASSIST

Hai Bro …
Selamat datang di salah satu pojok di kebonsapi.blogspot.com, yaitu pojok musik.
Saya sangat senang karena telah dipersilakan mengisi blog yang terkenal seantero jagat raya ini. Haha
Kali ini,kita akan membahas bagaimana cara-cara atau kiat-kiat menjadi pemain bass yang hebat dan imba.
Mari kita mulai pelajaran hari ini.
  1. Yang pertama kita harus lakukan agar menjadi pemain bass yang hebat adalah mempunyai bass sendiri. Atau kalu gag, minimal kita punya gitar bolong sendiri lah. Ini agar memudahkan kita terbiasa untuk melakukan tips yang kedua berikut ini.
  2. Tips yang kedua yaitu sering-seringlah anda bermain bass. Kalau ga punya bass ya minimal main gitar bolong. Ini bertujuan agar anda terbiasa dengan alat musik yang satu ini, dan agar jari-jari kita tidak menjadi kaku. Kalau bisa,minimal tiap hari kita bermain bass.
  3. Sering-seringlah kita mendengarkan musik, dan pelajari benar-benar bagaimana pola bass dari musik tersebut. Walaupun kita ingin menjadi bassist salah satu genre musik tertentu, tapi saya katakan agar mendengarkan SEMUA genre musik. Ini sangat berguna untuk menambah variasi-variasi permainan bass kita.
  4. Untuk pemula yang notabene belum bisa mencari nada-nada dan pola bass dari suatu lagu, saya anjurkan untuk mencari tablaturnya. Tetapi, saya himbau agar tidak terlalu sering mengandalkan tablatur, karena akan mengurangi kepekaan kita terhadap nada-nada dari suatu lagu.
  5. Bila Anda sudah mengikuti tips di atas, lanjutkanlah dengan belajar teknik-teknik bermain bass seperi slap, shredding, tapping, dsb.
  6. Bila Anda ingin menjadi pemain bass yang handal, jangan pernah malu untuk belajar kepada orang yang lebih senior daripada kita.
  7. Belajarlah dari para pemain bass terkenal seperti Mark King, Flea(bassist RHCP), John Myung (bassist Dream theather), Victor Wooten, Larrry Graham, dsb. Kita dapat belajar dengan cara mendownload video-video konser, klinik, ataupun mendengarkan musik-musik mereka.
  8. Bila kalian sudah lumayan mahir dalam bermain bass, cobalah untuk membentuk sebuah band. Dalam sebuah band, kita akan mendapat banyak sekali pengalaman untuk menunjang skill bermain bass kita.
  9. Tips yang terakhir dan sangat penting yaitu selalu berdoa dan tawakal. Juga jangan pernah bosan untuk bermain bass. Kesuksesan tidak datang dengan sendirinya, tetapi harus kita peroleh dengan kerja keras, usaha, dan do'a.

Sekian tips dan kiat-kiat menjadi pemain bass yang handal dari saya. Bila ada kata yang kurang berkenan, mohon untuk dimaafkan. So, mulai dari sekarang, mulailah bemain bass dan jadilah pemain bass yang terkenal di seluruh dunia. Sampai jumpa!


ditulis oleh: Bena Arif

1 komentar: