Jumat, 13 November 2009

Bulu Tangkis - 1

BULU TANGKIS

Olahraga ini rasanya udah membumi banget di Indonesia. Terbukti bahwa olahraga ini juga salah satu cabang yang bisa ngebawa nama Indonesia harum di mancanegara. Ga’ usah jauh-jauh deh, di sekolah kita olahraga bulutangkis juga banyak disukai anak-anak. Liat aja kegiatan ekskul badminton yang diadain tiap hari Selasa di gedung Carya Mas. Pasti deh banyak anak-anak SMANSA yang maen olahraga ini. Nah, aq pengen berbagi sedikit ilmu nih tentang bulutangkis.

LAPANGAN & TEKNIK PERMAINAN

Garis-garis yang ada mempunyai ketebalan 40 mm dan harus berwarna kontras terhadap warna lapangan. Warna yang disarankan untuk garis adalah putih atau kuning. Permukaan lapangan disarankan terbuat dari kayu atau bahan sintetis yg lunak. Permukaan lapangan yang terbuat dari beton atau bahan sintetik yang keras sangat tidak dianjurkan karena dapat mengakibatkan cedera pada pemain. Net setinggi 1,55 m berada tepat di tengah lapangan. Net harus berwarna gelap kecuali bibir net yang mempunyai ketebalan 75 mm harus berwarna putih.

Bulutangkis dibagi menjadi beberapa nomor pertandingan, yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran. Biasanya pada permainan tunggal yang sangat dibutuhkan adalah kekuatan individu secara keseluruhan, kecepatan berperan namun tidak sepenting pada permainan ganda. Sedangkan pada permainan ganda kecepatan adalah hal yang paling penting, selain itu kekompakan kedua pemain dalam 1 tim mutlak diperlukan. Biasanya juga pada permainan ganda, kedua tim pemain sering melakukan permainan-permainan menyerang seperti smash dan umpan bola-bola pendek. Dan, pada permainan tunggal lebih banyak permainan bola-bola panjang (lob). Terlepas dari itu semua, setiap pemain profesional bulutangkis harus memiliki pukulan-pukulan yang komplit, dalam artian, dia harus mampu menguasai semua jenis pukulan dalam olahraga bulutangkis.

Pada saat bermain bulutangkis sebaiknya menggunakan sepatu olahraga. Sangat berbahaya kalo kita pake sepatu yang bukan buat olahraga, walaupun banyak juga orang-orang yang ga’ pake sepatu olahraga bahkan nyeker waktu maen badminton. Itu semua dapat menyebabkan cedera. Tapi kalo pake sepatu olahraga, cedera-cedera kaya gitu bisa diminimalisir, karena bagian bawah sepetu itu adalah karet yang tebal sehingga sepatu bisa mencengkeram lantai lapangan pada saat berhenti mendadak setelah berlari cepat.

BULUTANGKIS DI KEBON SAPI

Kelas XII emang lagi banyak-banyaknya aktivitas, dan akitivitas itu bukan lagi masalah organisasi, ekskul, atau yang bersangkutan dengan hobi masing-masing anak. Tapi, aktivitas di kelas XII adalah aktivitas yang berhubungan dengan akademis. Nah, tau sendiri donk gimana jenuhnya. Apalagi kalo pas banyak ulangan trus ditambah lagi bayang-bayang laporan praktikum belum dikerjain. Duh, tambah males deh ngejalanin hari-hari berikutnya. Tapi, kita anak-anak XII IPA 7 punya seribu cara buat ngilangin rasa jenuh itu. Nah, salah satu caranya ya dengan main badminton tiap Jumat jam 15.00 WIB. Kita mulai sering maen badminton awal kelas XII dan secara ga’ sadar kegiatan ini berjalan rutin. Itung-itung olahraga cari keringet, setelah hampir seminggu belajar, belajar dan belajar.

Selain buat jaga kesehatan, badminton juga bikin otak kita segar lagi karena banyak oksigen yang masuk ke otak. Jadi kita lebih fresh buat ngikutin materi-materi minggu depan. Mulanya sie kegiatan ini cuman buat ngisi waktu pas awal-awal kelas XII yang belum banyak kegiatan dan rencananya berakhir setelah praktikum dimulai. Tapi, ternyata pas praktikum udah jalan kita sering banget ngerasa jenuh, dan untuk ngilangin rasa jenuh itu muncul lagi deh ide buat badmintonan lagi. Dan masih berlanjut sampai sekarang.

ditulis oleh : Monica T. A.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar