Senin, 09 November 2009

Basket - 1

BASKET

Bola basket. Bola basket adalah salah satu ekstrakulikuler yang cukup rutin memakai lapangan di sekolah kami. Mungkin bisa dikatakan hampir setiap sore lapangan sekolah kami tidak pernah sepi anak-anak basket yang mengikuti esktrakulikuler atau hanya mengisi waktu luang untuk bermain.

Jujur saya bangga saat menulis artikel tentang basket ini, karena dengan ini saya bisa sedikit share tentang basket dari pandangan sekolah kami atau dari pandangan anak-anak yang mengikutinya atau juga dari saya sendiri. Pada dasarnya ekskul ini tergolong ‘sangat aktif’. Salah satu sebabnya event basket di Purwokerto maupun di luar kota Purwokerto cukup rutin diadakan. Berasal dari hal ini mungkinlah waktu belajar kami sebagai pelajar harus dibagi (hehe..). Terkadang tidak sedikit guru yang menanyakan ketidakhadiran beberapa siswa/siswi yang beralasan ‘Tugas Sekolah’. Setelah ditanya lebih lanjut tugas sekolah apa, dengan jawaban basket, mereka masih sering bertanya-tanya heran, karena sering sekali siswa-siswi tersebut meninggalkan pelajaran. Dan hal itulah mungkin tidak sedikit guru kami beranggapan bahwa kami mengesampingkan tugas utama kami : belajar.

Pada dasarnya kami sama sekali tidak mengesampingkan, tentu kami tetap melaksanakan kewajiban kami. Memang banyak latihan pagi dan sore menuju beberapa hari event, banyak izin beberapa hari tidak mengikuti pelajaran bila event itu di luar kota, tapi tetap pada dasarnya bahwa kami seorang pelajar. Tetapi adalah suatu kebanggaan tersendiri meyumbangkan piala pada sekolah, membawa nama sekolah kami pada event nasional dan tentunya menjadi kebanggaan sekolah kami di luar kota. Dan prestasi kami memang terbukti di bidang non-akademis ini. Setiap semester, baik tim putra dan putri menyumbangkan sedikitnya 4 piala untuk juara 1 ataupun juara 2. Itu semua adalah hasil keringat kami. Jadi, mungkin ini adalah satu sisi dimana kami dapat membuktikan pada guru-guru kami bahwa tidak sia-sia usaha kami.


Experience is the best teacher. Setelah hampir 3 tahun saya tergabung dalam tim dan ekskul ini, banyak sekali pengalaman yang tidak pernah saya rasakan sebelumnya, tentunya tidak dapat dilupakan. Mulai dari menjuarai event tingkat kabupaten, hingga berpartisipasi di event nasional. Salah satunya adalah event Popmie Regional 2009 di Semarang. Walau cukup menguras waktu, tapi tetap saya merasa bangga dengan apa yang kami perjuangkan walaupun belum mencapai hasil maksimal. Di event lain kami juga tergabung dalam tim Popda Banyumas dan sempat dikirim ke tingkat Propinsi. Suatu pengalaman yang benar-benar berharga!

Ketika ditanya, apa yang membuat kami terus menekuninya, jujur kami bingung dengan jawaban apa kami bisa mendeskripsikan untuk sebuah kekeluargaan yang solid, untuk pengalaman luar biasa dan perasaan senang dan puas saat dari sebuah kegiatan yang menjadikan ini sebuah hobi. Tidak bisa digambarkan.

Beberapa hal yang (mungkin) bisa dijadikan tips untuk aktif dalam basket:

1. Jangan meninggalkan tugas dan kewajiban kita di sekolah! (untuk guru-guru kami, maaf untuk tugas yang lewat tenggat waktunya ^^).

2. Gali potensi.

3. Pintar-pintarlah membagi waktu.

4. Memiliki kemauan yang besar. Tidak mudah putus asa!

Begitulah kira kira saya menggambarkan basket. Motivasi benar-benar berada dalam diri kita masing-masing ^^.



ditulis oleh : Bella Yokebet



Tidak ada komentar:

Posting Komentar