Jumat, 20 November 2009

Dance

DANCE


Dance.. apa itu dance? “Dance” jika kita terjemahkan berarti ”tari”. Sedangkan ”tari” jika kita artikan yaitu bermakna : gerak tubuh secara berirama yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu. Ada berbagai macam jenis tari. Namun saya tidak perlu memaparkan jenis-jenis tari tersebut, karena kita tidak akan membahasnya pada artikel ini. Well.. yang akan kita bahas sekarang adalah tentang TARI MODERN, tepatnya keberadaan tari modern di sekolah tercinta, SMA Negeri 1 Purwokerto.

Tari modern / modern dance merupakan kegiatan nonformal di SMA 1 PWT. Sebenarnya tidak ada ekskul untuk modern dance, tapi karena sudah menjadi tradisi, maka bisa dipastikan akan ada satu group modern dance yang terbentuk disetiap taunnya. Semua group selalu diperhitungkan di kancah kompetisi lokal dan terkenal dengan segudang prestasinya.

  • UNDISPUTED adalah group dance SMA 1 angkatan 2005/2006,
  • angkatan 2006/2007 = INCROWDED,
  • angkatan 2007/2008 = BLESS FAMOUS,
  • angkatan 2008/2009 = SPASMODIC,
  • yang terbaru (angkatan 2009/2010) = UNLIMITED.




Berhubung penulis merupakan anggota dari Spasmodic, maka penulis akan menceritakan sedikit tentang group ini. Spasmodic terdiri dari empat personil yaitu Bella, Lasha, Theya, dan saya sendiri (Si Penulis). Terbentuk pada tahun 2008, mengusung aliran dance bernuansa HipHop dan memiliki sejumlah prestasi, antara lain: Juara 1 lomba dance Telkomsel (audisi dance opening konser D’massiv), juara 1 dance competition SMA 3 PWT, juara 1 Sudirman Cup, juara 1 HipHop Colaboration, dan juara 1 dance competition BSI.. waw

Selain prestasi, Spasmodic juga memiliki berbagai pengalaman. Group ini pernah bergabung sebagai tim sukses untuk menyemangati Tim Basket sekolah di Semarang. Mewakili sekolah merupakan hal yang membanggakan dan tidak pernah disangka-sangka. Sebuah tim nonformal di sekolah sangat jarang diminta untuk mewakili nama sekolah bukan? heem.. Lalu Spasmodic juga bergabung dalam tim KOLABORASI SMA 1 Purwokerto. Tim ini terdiri dari berbagai bentuk kesenian yang berkolaborasi menjadi satu kesatuan. Karawitan, Band, Perkusi, Paduan Suara, Tari Tradisional, dan Tari Modern semuanya membaur menjadi satu, menghasilkan sebuah tontonan yang menarik dan patut untuk dibanggakan.

Saat ini Spasmodic sudah tidak aktif lagi karena semua personil duduk di kelas XII, sudah waktunya konsentrasi memikirkan Ujian. Maka dibentuklah group dance baru yaitu Unlimited. Group ini terdiri dari anak-anak kelas XI. Walaupun mereka belum lama terbentuk, tetapi penampilannya tidak perlu diragukan lagi. Kreatif dan sangat berpotensi. Penulis dan tentunya kita semua beharap Unlimited bisa lebih berprestasi dan bisa membanggakan sekolah tercinta, SMA Negeri 1 Purwokerto.

Kemudian yang terakhir dan paling akhir.. wejangan dari penulis : “Jangan pernah lenyapkan tradisi ini, dan teruslah berkarya teman” yeeh

ditulis oleh: Rona Lintang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar