Senin, 30 November 2009

Inikah Pendidikan Kita?

KE MANA KITA BERJALAN?

Kemana kita berjalan? Beberapa waktu lalu seorang kawan meminjamkan sebuah buku mengenai usaha meraih pendidikan. Memang bukan hal baru yang dibahas. Namun, menyadarkan saya akan sesuatu, setiap hari kami sekolah dari jam 7 sampai jam 13.30, bahkan bisa smpai sore, apa yang kita kejar?

Sekedar deretan angka-angka dalam kertas putih yang dipenuhi tanda tangan dan kita terima setiap periode waktu, atau ilmu untuk bekal kita meraih mimpi?

Kita mungkin akan bersorak lantang bahwa yang kita kejar adalah ilmu untuk bekal kita meraih mimpi dan nilai adalah konsekuensi yang akan mengikuti. Namun, sadarkah kita, terkadang kita dan lingkungan kita telah terjadi pergeseran makna tentang tujuan pendidikan, dari yang namanya tempat meraih ilmu, kini dianggap sebagai tempat memetik nilai. Memang yang namanya mendaftar di perguruan tinggi dan mendaftar pekerjaan yang dilihat adalah deretan angka, namun betapa sayangnya jika pendidikan hanya diraih dalam deret angka.

Hal ini terlihat jelas ketika kita berada di lingkungan sekolah. Dalam ulangan masih saja kita bertanya kesana kemari, tak percaya pada diri sendiri. Tujuan ulangan yang tadinya sebagai alat untuk melihat hasil dari proses belajar mengajar berubah menjadi ajang peraihan nilai. Sayangnya, terkadang pihak-pihak yang seharusnya bisa mengembalikan arah tujuan pendidikan justru semakin memutar tujuan utama pendidikan, misalnya saja dengan mengalihfungsikan makna fasilitas (teman belajar) menjadi semacam buku berbicara (text book) yang memaksa siswa untuk menghafal tanpa memahami apa, bagaimana, dan mengapa, serta kurang menyadarkan para siswa bahwa hal yg kita pelajari ini adalah sesuatu yang benar-benar harus kita cermati, bukan hanya formalitas bahwa kita harus hafal hanya saat ulangan.

Mau bagaimana nanti jika yang kita punya hanyalah deret angka tanpa ada isi pastinya, padahal masa depan menanti di depan dan yg dibutuhkan adalah ilmu nyata. Lalu, mungkin ini saat kita untuk berkaca kemana arah tujuan kita dan sekolah kita?


Tulisan ini dibuat untuk menyukseskan Lomba Blog SMA N 1 Purwokerto dan Menyongsong SMA N 1 Purwokerto menjadi SBI.

1 komentar: