Jumat, 27 November 2009

Kamus Imba Kebon Sapi

ARTI KATA-KATA PENUH MAKNA

KHAS KEBON SAPI


Kelas XII IA 7 atau Kebon Sapi memiliki segudang kata-kata yang sering terucap dari mulut penghuninya dan menjadi ciri khas tersendiri. Oleh karena itu, Kamus ini sengaja disusun untuk memudahkan teman-teman sekalian guna memahami bahasa / dialek yang kami gunakan. Berikut ulasan singkat kata-kata tersebut:

Anak Mental

Sebuah ungkapan untuk menggambarkan seorang anak yang sangat hebat karena memiliki mental sekuat baja dan sekokoh batu karang.

Apua!?

Sebuah kata yang berfungsi untuk mengungkapkan perasaan kagum tetapi tidak percaya. Harus diucapkan dengan nada yang tepat sehingga memiliki arti yang tepat pula. Kesalahan pelafalan akan menyebabkan hilangnya arti dari kata tersebut.

Bermain Api Cumbu Dalam Kobaran Cinta

Sebuah ungkapan untuk menggambarkan dua sejoli yang dimabuk cinta, atau bisa juga seseorang yang sedang dilanda asmara dan sedang memperjuangkan cintanya.

By One, Yuh!!

Kata-kata yang diucapkan kepada lawan bicara untuk menantang satu lawan satu. Harus diucapkan dengan mantab, penuh keyakinan, dan tanpa keragu-raguan. Sering terdengar saat dua orang sedang terlibat perang mulut.

Cacad

Sebuah kata yang mengandung ekspresi kekecawaan terhadap sesuatu karena sesuatu tersebut dianggap tidak hebat. Kata ini juga bisa bermakna hinaan sehingga harus digunakan sebijaksana mungkin.

Candu Dunia

Sebuah ungkapan untuk menggambarkan betapa asyiknya suatu hal hingga membuat ketagihan akut bagi orang yang menekuninya.

Cipay

Sebuah kata yang merupakan perubahan dari kata “Cupu” setelah diserap oleh anak-anak Kebon Sapi. Dengan kata lain, “Cupu” versi Kebon Sapi.

Cupu

Sebuah kata yang berasal dari kata “Culun Punya” dan memiliki arti “Ketinggalan Jaman” atau “Payah”. Kata ini sudah banyak digunakan oleh anak muda jaman sekarang.

Dewa

Sebuah kata sifat yang diberikan kepada seseorang sebagai sanjungan atas suatu hal menakjubkan yang telah dilakukan oleh seseorang tersebut.

Imba

Sebuah istilah dalam permainan online. Berasal dari kata “Imbalance” yang berarti tidak imbang. Maksudnya adalah salah satu tim dalam permainan tersebut sangat mendominasi permainan dan tim lawan terlalu mudah dikalahkan. Jadi, dalam percakapan sehari-hari, kata ini memiliki arti semacam “Sangat Hebat”. Contoh, “Imba kamu”, kurang lebih berarti “Sangat hebat kamu”. Namun, kata ini berdiri sendiri dan pada penerapannya tidak dapat digantikan oleh kata “Sangat Hebat”. Kata ini mulai digunakan oleh anak-anak SMANSA pada umumnya setelah dipopulerkan oleh anak-anak cowok Kebon Sapi yang rata-rata adalah seorang gamer.

Jelas

Sebuah kata yang diucapkan ketika menyatakan sesuatu hal yang niscaya tidak perlu dipertanyakan lagi.

Jemawut

Sebuah kata yang digunakan untuk menggambarkan situasi atau suatu hal yang sangat berantakan dan di luar kendali.

Jmoex

Sebuah kata yang merujuk pada seorang pria berparas tampan dan idaman setiap wanita.

Keras

Sebuah kata untuk menggambarkan betapa hebat atau asyiknya suatu hal.

Lemah!

Sebuah kata yang berfungsi untuk menjatuhkan mental lawan dengan menganggapnya tidak dapat berbuat apa-apa (tidak berdaya).

Mrutul

Sebuah kata sifat yang berarti terlalu banyak hingga tak dapat dikendalikan atau bisa juga berarti melimpah ruah.

Nylekamin

Sebuah kata baru yang bersumber dari warung pinggir jalan. Kata ini masih diselimuti misteri dan masih diperdebatkan artinya hingga saat ini.

Penuh Dengan Intrik

Sebuah ungkapan untuk menjelaskan sesuatu yang menimbulkan pertanyaan dan penuh misteri.

Pria Kotor

Sebuah ungkapan yang merujuk pada seorang pria berparas relatif dan suka mengotori makhluk lain.

PRO

Sebuah kata yang merujuk pada kata ”Profesional” dan artinya mirip dengan “Hebat”. Kata ini juga berasal dari dunia permainan online.

Tunjuk!

Sebuah kata yang harus diiringi dengan gerakan menunjuk wajah lawan tepat di antara kedua mata dengan menggunakan jari telunjuk dan menggerakkannya ke depan dan belakang secara cepat dan penuh tekanan mental. Biasanya digunakan untuk mengawali atau mengiringi kata “Lemah” (berkomplemen). Kedua kata tersebut bagaikan motor dan rodanya, saling melengkapi.

Trust Me!

Kata-kata yang diucapkan ketika berusaha membuat lawan bicara percaya kepada kita. Diucapkan ketika kata-kata kita mulai diragukan orang lain, serat diikuti dengan gerakan tangan kanan dikepalkan dan dipukulkan ke dada kanan kita dengan mantab. Harus dilafalkan dengan nada dan intonasi yang tepat.

YES!!!

Sebuah kata yang diucapkan secara lantang dan dengan intonasi yang tepat, guna memberikan respon positif terhadap pernyataan yang dibuat lawan bicara.

Kamus ini dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung lidah anak-anak Kebon Sapi. Semoga bermanfaat. Namun, apapun bahasa sehari-hari yang kami gunakan, tetap saja, "KAMI PUTRA-PUTRI INDONESIA, MENJUNJUNG TINGGI BAHASA PERSATUAN, BAHASA INDONESIA".



3 komentar: